PSSI Fasilitasi Home Schooling Pemain Timnas U-19

Malang – Berbagai persiapan yang dilakukan skuat Timnas U-19 untuk menghadapi Piala Asia 2014, dengan target masuk Piala Dunia 2015 hingga ke Sea Games 2017 mendatang, diharapkan tidak mengganggu proses pembelajaran akademik pemain.

Untuk itu, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), berencana menyiapkan program home schooling bagi seluruh pemain Timnas U-19. Hal itu bertujuan agar materi belajar yang didapat para penggawa Garuda Muda seimbang dengan materi sepakbola yang didapatkan setiap hari.

“Karena masih ada beberapa pemain Timnas U-19 yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), jadi kami (PSSI) akan tetap memikirkan masa depan mereka, karena mereka (pemain) juga tidak akan selamanya menjadi pemain sepak bola,”ungkap Ketua Umum PSSI Djohar Arifin, Senin (2/12) WIB.

Sistem home schooling tersebut adalah dengan cara mendatangkan guru mata pelajaran. Sehingga, pemain bisa tetap belajar di sela jam latihan, terutama saat ini ada enam pemain yang harus menjalani Ujian Akhir Semester (UAS).

“Kami (PSSI) akan mendatangkan guru khusus, sehingga pemain tetap bisa mengikuti UAS, karena jika mereka harus kembali ke daerah asalnya, maka tidak akan mengganggu waktu latihan. Kami ingin sistem home schooling jalan, begitu juga sistem latihan tidak terganggu, biar sama-sama enaknya,”imbuhnya.

Untuk pemain yang telah lulus SMA, PSSI juga memberikan tawaran kuliah jarak jauh, dengan sistem yang hampir sama dengan home schooling bagi pemain yang masih berstatus pelajar.

“Kami menjamin pembelajaran akademik pemain tetap berjalan, meski pemain harus menjalani program latihan yang panjang,” tandas Djohar.

Ditanya mengenai soal kedatangannya ke TC Timnas Garuda Muda, Djohar mengaku ingin memberikan suntikan semangat pada para pemain, yang berjuang demi membawa nama bangsa.

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*